Aliran Rasa: Setahun Mengikuti KLIP (Kelas Literasi Ibu Profesional)

2 comments
Bismillahirrahmanirrahim

aliran rasa


Sudah bulan Desember, Masyaa Allah .. Time flies so fast. Akhir tahun yang lalu, semangat saya dalam kegiatan menulis kembali membara, tepatnya di bulan Oktober tahun lalu saya bisa aktif kembali ngeblog setelah hiatus dalam waktu yang sangat lama, hehehe. Bersamaan dengan keaktifan saya di dunia blog itulah saya akhirnya menemukan informasi tentang KLIP--Kelas Literasi Ibu Profesional, dari postingan seorang blogger. 

Mendaftarkan diri Menjadi KLIP-er

Sejak membaca postingan dari seorang blogger tersebut tentang KLIP, saya jadi sangat penasaran dan akhirnya mendarat ke website KLIP dan mencoba memahami alur menjadi seorang KLIP-er. Sempat ragu sebenarnya untuk mendaftarkan diri saat itu, karena saya takut tidak konsisten. Tapi dengan Bismillah, saya akhirnya mendaftarkan diri dan memulai petualangan saya.

Jadi dengan menjadi KLIP-er, kita harus menyetorkan minimal 10 tulisan setiap bulannya di website KLIP, dengan jumlah minimal kata berbeda tiap 4 bulannya--di bulan Januari sampai April dengan minimal 300 kata, April sampai Agustus dengan minimal 400 kata dan dari September hingga November minilam 500 kata. 

Setiap bulannya KLIP akan mengeluarkan rapor dan KLIP-er yang tidak mencapai 10 tulisan dalam waktu 2 bulan berturut-turut akan gugur dalam kelas, hehehe. Tidak ingin menjadi KLIP-er yang gugur inilah yang akhirnya memacu saya untuk terus merutinkan diri dalam menulis, hehehe. 

Pengalaman Selama Bergabung di KLIP

Ternyata menjadi seorang KLIP-er membawa saya pada banyak pengalaman baru, Masyaa Allah. Dengan bergabung di KLIP-lah saya bisa memaksakan diri untuk terus konsisten dalam menulis, Alhamdulillah saya bisa masuk menjadi bagian dari Top 19 di setiap raport bulanan KLIP--di bulan Juni saya hampir gugur dalam kelas karena hanya menyetorkan 2 tulisan, sebab saya harus berjuang dengan kehamilan ektopik, hehehe.

Bulan Februari yang lalu, Alhamdulillah saya juga menang pada tantangan review ruang berbagi KLIP dengan judul tulisan "Menemukan Strong Way dalam Menulis di Ruang Berbagi KLIP". Ini adalah pengalaman pertama menang tantangan, dan jujur saja saya merasa sangat diapresiasi dan kembali membakar semangat saya untuk terus menulis dan mengembangkan diri.

Tantangan KBK

Ada satu lagi yang sangat saya suka dari KLIP ini adalah tantangan KBKnya--Klub Buku KLIP. Jadi pada KBK ini, kami harus mereview minimal 4 buku ditiap sesi--4 bulan. Saya yang notabene sangat suka baca, jadi sangat tertarik mengikuti tantangan ini. Review bukunya bisa disetro dalam bentuk tulisan, suara, maupun video. Tapi saya biasanya menyetor dalam bentuk tulisan karena review buku yang saya buat selalu saya posting di blog ini.

Setiap selesai 1 sesi, juga ada raportnya dengan masing-masing badge, sayangnya saya tidak pernah masuk ke kategori "outstanding" karena tidak pernah berhasil mereview minimal 8 buku, jumlah buku yang saya review selalu mentok di 7 buku, hehehe.

SKRIPSI KLIP

bermetamorfosisi sepertikupukupu
e-book pertama saya sebagai setoran SKRIPSI KLIP

Tantangan terakhir di bulan Desember adalah membuat sebuah buku baik e-book, buku fisik ataupun buku di aplikasi platform menulis dengan minimal 19.000 kata, Masyaa Allah. Tantangan skripsi ini sangat menantang, sebab sejujurnya sejak memutuskan untuk serius dalam dunia tulis-menulis saya mempunyai cita-cita untuk membuat buku solo. 

Sebenarnya saya sudah punya planning untuk membuat tulisan baru bertema Pendidikan untuk tugas SKRIPSI ini, sayangnya di bulan November yang lalu saya sedang tidak sehat, jadilah SKRIPSI KLIP ini hanya mengambil tulisan dari blog ini.

SKRIPSI KLIP ini sendiri sudah saya kerjakan sejak akhir November, dengan mengambil benang merah "Bermetamorfosis" karena tulisan-tulisannya banyak saya ambil dari blog sepertikupukupu ini. Dan Alhamdulillah hari ini buku pertama saya sudah selesai dengan judul buku "Bermetamorfosis Seperti Kupu-kupu: Sebuah Panduan Menuju Versi Terbaik Diri"

Penutup

Alhamdulillah, saya sangat bersyukur bisa bergabung di Kelas Literasi Ibu Profesional tahun ini--ini adalah tahun pertama, dan Insyaa Allah saya akan terus bergabung di tahun-tahun berikutnya. Dengan bergabung di KLIP saya jadi memaksa diri untuk konsisten dalam menulis dan juga membaca, Alhamdulillah. 

Bergabung dengan KLIP juga ternyata mampu mewujudkan mimpi saya untuk membuat sebuah buku, walau buku yang menjadi SKRIPSI KLIP ini hanyalah e-book saya tetap merasa sangat bersemangat dalam menyusunnya dan semoga kelak buku ini bisa menjadi sebuah buku fisik, Aamiin. 

Sekali lagi terima kasih untuk pengalaman barunya KLIP, tunggu saya tahun 2024, hehehe. Salam Literasi!
Fitrah Alimuddin
Seorang Istri, Ibu dan Pendidik yang akan senantiasa belajar.

Related Posts

2 comments

  1. MasyaAllah.... Kehamilan atopik tapi masih berkarya dan lulus klip. Sayamalah ga bisa ikut RBK sama sekali. Semoga tahun depan bisa.
    Cover skripsinya cantik sekali. 💖
    Semoga tahun depan kita lulus lagi, yaaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.. Terima kasih Mbak 💕💕

      Delete

Post a Comment