Mindfulness Challenge: Perhatikan Sekeliling dengan Menggunakan Pancaindra

Bismillahirrahmanirrahim

Mindfulness Challenge: Perhatikan Sekeliling dengan Menggunakan Pancaindra

Mindffulness adalah keadaan dimana kita menjadi lebih sadar dan memfokuskan diri pada pengalaman yang saat ini kita lalui dan rasakan, tanpa memberikan penilaian dan evaluasi baik positif ataupun negatif. Dengan mindfulness kita dapat mengasah kemampuan kita dalam melakukan pengamatan dengan memberikan perhatian yang penuh pada lingkungan sekitar kita dengan menggunakan semua pancaindra yang kita miliki, yaitu dengan indra penglihatan, pendengaran, penciuman, perabaa dan pengecapan.

Menerapkan Mindfulness dengan Menggunakan Pancaindra

Dengan melalukan pengamatan menggunakan semua pancaindra yang kita miliki, kita dapat meningkatkan kualitas pengalaman hidup yang kita miliki. Bagaimana cara menerapkan mindfulness dengan menggunakan pancaindra? Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk menggunakan pancaindra dalam menerapkan mindfulness:

Menggunakan Indra Visual (Penglihatan)

Cobalah untuk mengamati lingkungan sekitar kita dengan lebih detail. Fokuskan perhatian kita pada warna, bentuk dan tekstur benda-benda atau lingkungan di sekitar kita. Cobalah juga untuk mengamati bagaimana cahaya dan bayangan berinteraksi di lingkungan sekitar kita.

Menggunakan Indra Auditori (Pendengaran)

Cobalah untuk fokus memperhatikan suara-suara yang ada di sekitar kita. Dengarkan dengan seksama semua bunyi-bunyian yang ada, seperti suara angin, suara mobil, suara air ataupun suara-suara lain yang bisa kita tangkap dengan telinga kita yang ada di lingkungan sekitar kita.

Menggunkan Indra Olfaktori (Penciuman)

Cobalah untuk memperhatikan setiap aroma yang ada di sekitar kita, seperti aroma bunga, aroma makanana, aroma laut, aroma air hujan atau aroma lainnya. Cobalah untuk fokus pada aroma tersebut dan rasakan bagaimana aroma-aroma tersebut mempengaruhi perasaan dan pikiran kita.

Menggunakan Indra Kinestetik (Perabaan)

Cobalah untuk fokus pada perasaan di dalam tubuh kita saat kita bergerak. Perhatikan sensasi di kaki saat kita berjalan atau sensasi di datangan saat kita mengelus sesuatu, atau sensasi saat tubuh kita terkena air dan sensasi-sensasi lainnya.

Menggunakan Indra Gutatoru (Pengecapan)

Cobalah untuk fokus pada perasaan kita pada rasa makanan yang kita makan. Rasakan dengan seksama setiap rasa makanan yang kita makan dan perhatikan bagaimana rasa tersebut mempengaruhi perasaan dan pikiran kita.

Perhatikan Sekeliling Saat Liburan dengan Menggunakan Pancaindra

Momen libur lebaran ini, kami sekeluarga gunakan untuk berkumpul bersama keluarga di Makassar sekaligus menjadi momen untuk menyambung silaturahmi. Saat momen-momen itulah saya pribadi menjadikannnya sebagai momen yang sekaligus sebagai salah satu cara saya dalam menerapkan mindfulness dan sebagai metode healing dari segala kepenatan yang sedang saya rasakan.

Setiap kali berkunjung ke rumah sanak keluarga, saya akan selalu menerapkan salah satu mindfulness ini, terlebih saat melakukan liburan bersama. Baru-baru ini kami sekeluarga--bersama keluarga suami, melakukan liburan singkat ke salah satu pantai di Makassar, dan saya benar-benar merasakan manfaat dari menerapkan mindfulness ini.

Liburan adalah waktu yang tepat untuk mengambil jeda sejenak dari rutinitas sehari-hari dan menikmati waktu berkualitas bersama dengan keluarga. Dengan menerapkan mindfulness saat liburan--terutama dengan menerapkan mindfulness dengan menggunakan pancaindra saya merasakan banyak manfaat diantaranya:

Menikmati Liburan dengan Menerapkan Mindfulness


Fokus Pada Pengalaman Saat Itu

Saat menerapkan mindfulness saat liburan saya menjadi teralihkan dari segala macam kekhawatiran yang selama ini saya pikirkan, sehingga saya bisa fokus pada pengalamann liburan yang saat itu saya lakukan dengan menikmati pemanadangan yang indah, mencium aroma air laut, mendengar deburan ombak, merasakan gelombang air yang membawa tubuh ini, serta sedikit merasakan sensasi asin dari air laut itu sendiri, heheheh.

Menghargai Momen Kecil yang Terjadi

Saat menerapkan mindfulness pada liburan kali ini saya lebih berfokus pada momen-momen kecil yang terekam dan terjadi, seperti momen berbincang lebih dalam dengan beberapa keponakan yang kumiliki, momen ketika saya menikmati air laut membawa tubuh saya mengambang--dengan menggunakan ban, momen makan bersama di pinggir lau, serta momen-momen kecil lainnya.

Bersyukur Atas Liburan Singkat yang Terjadi

Dengan menerapkan mindfulness inipun saya menjadi sangat bersytukur klarena bisa merasakan kesempatan untuk berlibur dan merasakan kenikmatan dari momen liburan singkat tersebut.

Pemandangan di Desa
Menerapkan Mindfulness dengan Menggunakan Pancaindra saat bersilaturahmi ke Desa

Penutup

Dengan menerapkan mindfulness kita bisa sedikit menguragi kecemamasan dan stress dan menikmati lebiran dengan baik. Dengan penerapan mindfulness menggunakan pancaindra, kita dapat meningkatkan kesadaran diri dan memperkaya pengalaman hidup yang kita miliki dengan lebih memahami lingkungan sekitar kita

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕