Perayaan HUT PGRI ke-77 dan Hari Guru Nasional 2022 di Kabupaten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat

Bismillahirrahmanirrahim

HUT PGRI Ke-77 Dan Hari Guru Nasional Tahun 2022


Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) PGRI ke-77 bersamaan dengan perayaan Hari Guru Nasional di peringati setiap tanggal 25 November. Tepat 100 hari setelah hari kemerdekaan Indonesia, yaitu tepatnya di tanggal 25 November 1945, seluruh pendidik di Indonesia saat itu memproklamirkan terbentuknya organisasi PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia).

Sementara penetapan hari guru sendiri di tanggal yang sama dengan HUT PGRI berawal dari penghormatan pemerintah di era Presiden ke-2 Indonesia yaitu Bapak Soeharto terhadap Persatuan Guru Republik Indonesia. Maka di buatlah surat keputusan tentang Penentapan Hari Guru Nasional sejak 24 November 1994, maka peringatan Hari Guru Nasional pertama kali dirayakan pada tanggal 25 November 1994 atau tepatnya 28 tahun lalu.

Upacara HUT PGRI dan Hari Guru Nasional pada tahun ini dilaksanakan serentak pada hari Jum'at, 25 November 2022. Tema peringatan Hari Guru Nasional tahun ini adalah "Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar". Perayaan Hari Guru Nasional menjadi moment yang pertama kali bagi saya, dan tentunya sangat berkesan untuk saya.

Kali ini saya ingin menceritakan sedikit tentang perayaan HUT PGRI ke-77 dan Hari Guru Nasional yang saya ikuti di Kabupaten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat.

Sejak tanggal 21 November 2022, Dinas Pendidikan Kab Mamasa telah membuka pekan olahraga dan seni dalam rangka memperingati HUT PGRI dan Hari Guru. Upacara pembukaan di adakan di Aula Kantor Dinas Pendidikan yang diikuti oleh peserta lomba dari seluruh cabang PGRI se-Kabupaten Mamasa.

Upacara pembukaan pekan olahraga dalam rangka memperingati HUT PGRI
Pembukaan Pekan Olahraga dan Seni dalam rangka HUT PGRI dan Hari Guru Nasional

Kegiatan lomba berlangsung dari tanggal 21 November 2022 sampai dengan tanggal 24 November 2022 dengan banyak kategori lomba.

Upacara peringatan HUT PGRI diadakan pada hari Jum'at 25 November 2022 di Lapangan Upacara Kabupaten Mamasa. Para guru dari seluruh penjuru Kabupaten Mamasa bergabung dalam upacara peringatan ini.
Lapangan Upacara Kab Mamasa

Upacara di mulai dari pukul 08.00 dengan masing-masing kontingen PGRI berbaris untuk melakukan devile menuju lapangan upacara. Saya sendiri bergabung dalam kontingen PGRI Cab Balla, dan kebetulan kontingen PGRI mendapatkan urutan kedua dalam devile memasuki lapangan upacara. Kami berbaris tidak jauh dari gerbang masuk lapangan.

Kontingen PGRI Cabang Balla Kab Mamasa
Kontingen PGRI Cabang Balla

PGRI Kab Mamasa memiliki 16 kontingen dari masing-masing kecamatan di Kabupaten Mamasa. Setelah semua kontingen masuk kedalam barisan upacara, barulah upacara peringatan dimulai dan yang bertindak selaku pembina upacara adalah Wakil Bupati Mamasa Bapak Martinus Tiranda.

Bapak Wakil Bupati Mamasa pada peringatan HUT PGRI ke-77|Sumber: rakyatta.co

Upacar berlangsuk hikmat dan tenang serta penyampaian sambutan dari Bapak Wakil Bupati Kab Mamasa sangat relevan dengan kondisi guru saat ini, serta banyak menyampaikan pesan agar para guru mampu mempergunakan media sosial dengan bijak, agar pendidik dalam hal ini guru mampu menjadi teladan bagi peserta didiknya dan masyarakat.

Setelah upacara selesai dikahiri dengan pemberian hadiah kepada pemenag lomba kesenian dan olahraga, lalu diikuti dengan pemberian penghargaan bagi sekolah penggerak dan guru-guru penggerak di lingkup Kabupaten Mamasa. Banyak selamat untuk kepala sekolah dan guru-guru yang memberikan banyak inspirasi bagi guru lain khusunya di Kabupaten Mamasa.

Pada hakikatnya hendaknya peringatan HUT PGRI dan Hari Guru Nasional ini bisa menjadi penyegaran semangat bagi guru-guru di Indonesia agar bisa menjadi pilar penggerak pendidikan Indonesia. Sesuai dengan tema Hari Guru tahun ini yaitu "Guru Bangkit. Pulihkan Pendidikan: Indonesia Kuat, Indonesia Maju"

Yang terakhir mungkin bisa di skip, ini adalah kumpulan foto kami guru-guru dari kontingen PGRI Balla:








Terima Kasih dan Salam Untuk Semua Guru Hebat di Indonesia!

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕