[Review Buku] Berdamai dengan Masa Lalu

Bismillahirrahmanirrahim

[Review Buku] Berdamai dengan Masa Lalu

Judul: Berdamai dengan Masa Lalu
Penulis: Fitrah Alimuddin, dkk
Tahun Terbit: Juni 2023
Penerbit: Yayasan Max Vision Indonesia
Jumlah Halaman: 188 Halaman
Nomor QRCBN: 62-1717-5624-538

Dua bulan saya tidak mereview buku, fiuhhh ... Bulan April yang lalu, saya sibuk dengan urusan lebaran dan liburan, bulan Mei---jangan ditanya, sebab bulan Mei bagi saya pribadi rasanya tidak ada habisnya, ada-ada saja kesibukan yang menyita waktu, huhu. 

Buku ini sendiri sebenarnya sudah saya baca sejak akhir bulan April yang lalu, sayangnya kesibukan di bulan Mei menunda saya untuk mereviewnya disini. Buku ini adalah buku antologi kesekian yang saya tulis bersama teman-teman dari seluruh Indonesia---ada 31 penulis yang berpartisipasi dalam buku antologi keren ini. Buku ini dicetak oleh penerbit Max Vision Indonesia.

BLURP

[Review Buku] Berdamai dengan Masa Lalu

Setiap individu memiliki masa lalu yang penuh warna, penuh dengan momen yang membentuk siapa kita saat ini. Masa lalu dapat menjadi sebuah teman yang setia atau menjadi bayang-bayang yang tak pernah lepas dari pikiran kita. Namun seringkali masa lalu juga menjadi beban yang berat, mengikat langkah kita dan menghalangi kemajuan menuju masa depan yang lebih baik.

Buku "Berdamai dengan Masa Lalu" hadir sebagai sebuah panduan untuk menemukan kedamaian dalam diri dan menjalani kehidupan yang lebih bermakna. Dalam buku ini, kami mengajak Anda untuk melakukan perjalanan mendalam ke dalam diri sendiri, melalui jalan-jalan memori  yang tersembunyi dan emosi yang terpendam. Kami mengundang Anda untuk menjelajahi setiap luka, kegagalan, dan kekecewaan yang pernah Anda alami dengan tujuan jelas yaitu berdamai dengan masa lalu.

Berdamai dengan Masa Lalu

Buku ini terdiri dari 31 kisah berbeda dari 31 penulis hebat yang semuanya merupakan sebuah cerita terkait cara sang penulis atau tokoh dalam kisah cerpen yang diceritakan untuk dapat berdmai dengan masa lalu. Kisah-kisah dalam buku ini menyadarkan kita bahwa masa lalu sebenarnya penuh dengan warna, masa lalulah yang membentuk siapa kita saat ini.

Berdamai dengan masa lalu bukan  tentang melupakan dan menghapus kenangan yang pernah kita miliki. Tetapi berdamai dengan masa lalu adalah tentang penerimaan dan pemahaman serta pada akhirnya kita akan mendapatkan suatu benang merah yang dapat kita jadikan pengalaman yang berharga bagi kehidupan kita kelak.

Buku ini mengajarkan kita untuk membangun hubungan yang sehat dengan masa lalu, sehingga masa lalu itu tidak lagi mengikat langkah kita tetapi dengan pengalaman berharga dari masa lalu kita dapat melangkah dengan penuh percaya diri dan keberanian untuk menyonsong masa depan yang lebih baik.

Membaca kisah-kisah dalam buku ini dapat membantu kita mengelolah emosi dengan lebih baik sehingga membantu kita melepaskan rasa bersalah dan penyesalan  serta mengampuni diri kita sendiri dan orang lain yang terkait dengan masa lalu buruk kita.

Aku Memaafkanmu


Cerpen yang saya tulis dalam buku antologi ini berjudul "Aku Memaafkanmu". Cerpen ini bercerita tentang seorang wanita muda bernama Shofi yang berjuang keras untuk melupakan masa lalu menyakitkan yang dia alami waktu kecil.

Shofi yang harus berjuang dengan dirinya sendiri dan juga untuk menghidupi sang adik satu-satunya agar dapat bertahan hidup di dunia yang kejam untuk mereka.

Blurp "Aku Memaafkanmu"

Bebas--mungkin satu kata yang mewakilkan perasaanku. Tidak ada lagi teriakan, tidak ada lago tamparan, dan tidak akan ada lagi lebam biru di tubuhku.

"Selamat ulang tahun Shofi" ucap seorang teman di tempat kerjaku, Mendengar ucapan itu, bukannya senang, wajahku malah berubah muram. 

Aku sama sekali tidak menyukai hari kelahiranku. Hari itu aku pulang kerja lebih cepat. Lalu masuk ke dalam kamar kos, mengunci diri an menangis suara.

------------
Itu saja yah sedikit bocoran dari cerpen yang saya tulis buku antologi ini. Kalau kalian ingin membeli buku ini silahkan menluncur ke instagram penerbitnya di  @penerbitMVI


OlderNewest

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕