Puasa Ramadhan: Jalan Pintas Pengabulan Doa

Bismillahirrahmanirrahim

Puasa Ramadhan: Jalan Pintas Pengabulan Doa

Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keutamaan, selain sebagai bulan pengampunan dosa, bulan ramadhan juga merupakan salah satu diantara waktu-waktu dimana Allah dengan sangat bermurah hati mau mengabulkan doa-doa yang kita panjatkan. Kapankah waktu yang terbaik untuk berdoa di bulan ramadhan?

Perbanyak Doa Saat Sedang Berpuasa

Ada yang menarik di waktu menjelang berbuka puasa khususnya di bulan ramadhan, dalam sebuah hadist, Rasulullah pernah memberikan satu rahasia yang sangat istimewah bagi orang-orang yang berpuasa terkait keutamaan orang yang berpuasa khususnya di waktu menjelang berbuka, dalam hadist tersebut Rasulullah bersabda:
"Ada tiga golongan utama yang doanya tidak tertolak, yang pertama yaitu orang yang tengah berpuasa dan puncaknya sampai ia berbuka, yang kedua adalah pemimpin yang adil dan yang ketiga doa orang yang tengah terdzolimi. Allah akan berkenanan mengangkat doa mereka melewat awan dan terbukalah pintu langit karena dia mereka" (HR. Tirmidzi) 

Tiga golongan yang pertama adalah orang-orang yang tengah berpuasa--meninggalkan makan, minum dan syahwatnya demi keridhoan Allah. Puasa yang ditunaikan karena Allah, maka Allah-lah yang akan memberikan balasannya secara langsung, dan diantara balasan tersebut diberikanlah pengabulan doa yang cepat luar biasa menembus langit.

Semua waktu pada bulan ramadhan sangatlah berharga, semua waktu tersebut punya nilai di mata Allah. Isilah setiap waktu saat kita berpuasa dengan doa-doa yang kita inginkan, dan puncaknya ketika waktu menjelang berbuka, maka mintalah hajat-hajat kita saat hendak berbuka dengan doa-doa yang Allah telah jamin akan terkabulkannya doa tersebut.

Kebahagiaan Bagi Orang yang Berpuasa

Bagi setiap orang yang berpuasa ada dua kebahagiaan, yang pertama adalah akan dirasakannya pada saat ia berbuka, dan kebahagiaan yang kedua ialah di hari kiamat ketika ia membawa pahasa puasanya dan menerima balasan dari ibadah tersebut langsung di hadapan Allah.

Mengapa orang bahagia ketika berbuka?

Bukan sebatas keberhasilannya karena menahan lapar, haus dan dahaganya, tetapi puncak kebahagiaaan ketika doa yang kita paanjatkan kepada Allah diijabah dalam sekejap--ada doa yang saat bersamaan akan dikabulkan/sulit untuk tertolak, dengan syarat kita benar-benar melaksanakan ibadah puasa dengan benar.

Maka agar doa yang kita panjatkan menjelang waktu berbuka itu bisa terkabul sesuai dengan apa yang kita minta, segeralah untuk memperbaiki kualitas puasa yang kita lakukan. Hindari hal-hal yang membatalkan dan memakruhkan puasa yang kita jalani, perbanyak ibadah saat kita berpuasa, gunakan sebaik mungkin tiap detik dengan beribadah--jangan terlalu banyak tidur. Insyaa Allah semoga kita termasuk kedalam golongan yang berbahagia ini dan juga termasuk kedalam golongan orang-orang yang doanya dikabulkan oleh Allah, Aamiin.



Referensi:

Hidayat, Adi. 2022. [AKUSUKA Eps 2] Rahasia Menjelang Berbuka Puasa. Diupload By Adi Hidayat Official. Link: https://www.youtube.com/watch?v=TiRobhG3vKc

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕